Lima Grafis Helm MotoGP Paling Terkenal

Bagi pembalap MotoGP, helm adalah barang pribadi. Sebab tak seperti livery pada motor, pembalap boleh memberikan sentuhan personal pada desain grafis helmnya. Hingga tak jarang helm menjadi identitas pembalap, selain nomor dan warna dominan baju.

Di antara para penggemar MotoGP, coretan pada helm itu pun memiliki arti tersendiri. Dan berdasarkan penelusuran Plasadana.com untuk Yahoo Indonesia, ada lima desain helm pembalap yang terkenal di kalangan fans:

1.     Helm Flower Powers Valentino Rossi
Ini adalah desain helm yang Rossi pakai ketika masih menunggangi motor Honda. Sesuai namanya, helm itu menampilkan gaya retro pada bunga-bunga dan bentuk tulisan. Gambar matahari dan bulan, sebagai trademark Rossi, pun ikut hadir di sana. Namun tergambar secara ngepop, tanpa garis tegas seperti biasanya.

Tema helm ini juga diaplikasikan ke livery tunggangannya. Ini menjadi helm terakhir yang dipakai Rossi bersama Honda. Bersama helm itu, Rossi menginjakkan podium satu di sirkuit Valencia, 2 November 2003. Bahkan, dia menaiki podium dengan gaya 60-an, memakai wig afro besar.

Spain's 2010 world champion Jorge Lorenzo celebrates on the podium after winning the Italian MotoGP a the Mugello Circuit near Scarperia on July 15, 2012. The 25-year-old Yamaha rider - who ended a two race winless run having last won the British MotoGP on June 17 - came home clear of compatriot Dani Pedrosa on a Honda while Italian Andrea Dovizioso was third on another Yamaha.  AFP PHOTO / GIUSEPPE CACACEGIUSEPPE CACACE/AFP/GettyImagesSpain's 2010 world champion Jorge Lorenzo celebrates on the podium after winning the Italian …2.    Helm Astronot Jorge Lorenzo
Berkat permainan warna hitam dan putih, helm Lorenzo terlihat bak astronot dengan kaca lebar. Bagian belakang helm ini pun mendapatkan grafis foto jejak sepatu astronot, yang merupakan tapak manusia pertama ke bulan, Neil Armstrong. Jorge Lorenzo menggunakan helm ini pada musim balapan 2009.

Pada GP AS di Sirkuit Laguna Seca, 2010, Lorenzo kembali memakai helm ini. Yakni kala ia melakukan aksi selebrasi bak Neil Amstrong di gravel lintasan bersejarah itu.

3.    Helm Emas Marc Marquez
Helm itu diberikan kepada Marquez, di garis finis, setelah berhasil meraih gelar juara dunia untuk kedua kalinya. Helm berlabur emas murni 24 karat itu ia peroleh sebelum pemberian trofi di podium MotoGP Jepang, 12 Oktober 2014. Rona emas dan hitam pada helm merupakan simbol iVictory.

Di belakang helm itu tersemat tulisan ‘2014 MotoGP World Champion. Juga tulisan Marquez dengan tambahan ilustrasi angka 3+1 sebagai tanda sabetan gelar juara dunia empat kali secara keseluruhan, meliputi Moto2, Moto3, dan MotoGP. Walaupun tak dipakai kala berlaga, tetap saja helm Marquez membuat kehebohan. Apalagi helm itu juga diberikan kepada adiknya, Alex Marquez, yang menjadi juara dunia Moto3.
Honda MotoGP rider Marc Marquez of Spain poses on the podium after he finishes second place at the Japanese Grand Prix at the Twin Ring Motegi circuit in Motegi, north of Tokyo October 12, 2014.  Marquez retained his MotoGP title with a fighting second place finish in the Japanese Grand Prix on Sunday, the dominant Spaniard securing a fourth global title in five years at his Honda team's home Motegi circuit. REUTERS/Toru Hanai (JAPAN - Tags: SPORT MOTORSPORT)Honda MotoGP rider Marc Marquez of Spain poses on the podium after he finishes second place at the Japanese Grand …

4.    Helm Anime Daijiro Kato 
Memulai debut di kelas 250cc lewat jalur Wild Card, kala 1998, ia berhasil menyabet juara dunia GP 250 cc pada 2001. Ketika 2002, pembalap bernomor 74 ini mengendarai Honda NSR 500 dan berlaga di kelas MotoGP. Dan ia mampu menyaingi pembalap pabrikan Honda dan lainnya yang menggunakan motor 4 tak 990 cc.

Saat ia naik kelas, muncullah grafis helmnya banyak disukai dan ditiru penggemar. Yakni garis abstrak berwajah anime di belakang helm. Membuat penutup kepala ini sangat unik. Kato, yang digadang-gadang menjadi juara dunia pertama Jepang, tewas setelah mengalami kecelakaan 6 April 2003 di sirkuit Suzuka. Untuk menghormatinya nomor 74 dipensiunkan.

5.    Helm Perdamaian Nicky Hayden
Nicky Hayden sang Kentucky Kid juga memiliki koleksi helm dengan grafis khusus. Helm bertajuk Peace itu ia gunakan saat berlaga di MotoGP Amerika Serikat, Sirkuit Laguna Seca musim 2013, ketika Hayden tampil sebagai pembalap tuan rumah. Desain helm kali ini terinspirasi dari film Full Metal Jacket yang disutradarai oleh Stanley Kubrick kala 1987.

Dengan mengambil tema perdamaian, bagian belakang helm ini tersemat gambar animasi Nicky Hayden sedang memegang senjata dengan bunga yang keluar dari moncongnya. Lalu di bagian atas terdapat tagline Hayden ‘Born to Ride’ yang disandingkan dengan logo perdamaian. Desain helm ini juga membubuhkan gambar peluru di sekeliling sisinya.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar